Prosedur Permohonan Informasi

Unit Layanan Terpadu, Kemdikbud - Indonesia

  1. Layanan informasi di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  (Kemdikbudristek) dikelola secara terpusat satu pintu oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yaitu Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (sekarang Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat).
  2. Unit layanan informasi publik diselenggarakan di Unit Layanan Terpadu (ULT). Gedung C Lt.1, Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, di bawah Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat
  3. Permohonan informasi ke PPID Kemdikbud, dapat disampaikan secara langsung datang ke ULT maupun tidak langsung melalui  email, surat, dan laman https://kemdikbud.lapor.go.id/ . Adapun "Formulir Permohonan Informasi" dapat diunduh melalui tautan ini.
  4. Pemohon informasi wajib mengikuti ketentuan yang berlaku, sebagai berikut:
    1. Apabila pemohon mengatasnamakan perorangan masyarakat umum,wajib menyertakan  fotokopi KTP atau identitas lainnya yang masih berlaku (Paspor, SIM, Kartu Pelajar, dan Kartu Mahasiswa).
    2. Apabila pemohon atas nama lembaga (organisasi masyarakat/lembaga swadaya masyarakat, organisasi politik, yayasan, dan perusahaan), wajib menyertakan fotocopy KTP atas nama pengadu, fotokopi akte pendirian organisasi/lembaga, dan surat kuasa dari lembaga yang bermaterai.
  5. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, jangka waktu pemenuhan informasi berlangsung selama 10 hari kerja dan dapat di tambah 7 hari kerja.
  6. Jadwal pelayanan informasi:
    - Pendaftaran = 08.00 - 11.00 WIB
    - Senin - Kamis = 09.00 - 15.00 WIB
    - Istirahat = 12.00 - 13.00 WIB
    - Jumat = 09.00 - 15.30 WIB
    - Istirahat = 11.30 - 13.30 WIB
  7. Pemohon informasi ini tidak di pungut biaya, namum jika ada dokumen yang harus di foto copy dan penggandaan CD dibebankan kepada pemohon informasi.